Operasi Impaksi Gigi (Part 2)

Selasa malam, suster mulai memasang jarum infus di tangan kanan karena gigi yang mau dicabut adalah yang sebelah kiri. Jarum infus ini belum disambungkan dengan selang atau tabung infus. Kata suster agar pagi besok masih bisa mandi sebelum tindakan operasi dilakukan. Operasi direncanakan jam 09.00 tanggal 9 Jan 2019. Jam 22.00 minum antibiotik yang diberikan suster setelah makan malam. Pemeriksaan dilakukan, mulai dari tekanan darah, nadi dan suhu tubuh.  Semua dalam kondisi normal. Bahkan tekanan darah sangat bagus yaitu 110/90. Jam 00.00 mulai berpuasa.

Paginya jam 05.00 an mandi dulu agar badan segar. Walau sedikit susah karena ada jarum infus nempel di tangan kanan, dan sudah terlihat mengeluarkan darah, mungkin karena posisi tidur malamnya yang tidak benar.

Pemeriksaan kedua dilakukan kembali terhadap tekanan darah, dan denyut nadi. Tekanan darah paginya 120/90. Belum pernah rasanya mencapai 120 ini, seringnya 110.

Selang infus baru disambungkan ke tangan jam 08.05 am. Lumayan paginya masih bisa  bebas menulis, ketik- ketik 😀 dan mondar mandir ke toilet.

Selang infus sudah tersambung

Jam 11.30 baru dikabari suster untuk bersiap operasi. Masyaallah, lumayan menahan lapar dari jam 22.00 malam. Suster membawa saya pakai kursi roda dari ruang rawat inap di lantai 4 Gedung rawat inap ke ruang operasi di Gedung utama lantai 5. Lumayan jauhnya.  Sampai di ruang operasi yang sangat luas dan banyak kamar-kamarnya, saya menunggu antrian masuk ke kamar operasi sekitar 40 menitan, karena ternyata banyak pasien yang jadwal operasi hari itu.

Jam 12.18 saya masuk ke kamar operasi, yang dari ruang antrian menyusuri koridor cukup panjang di mana di kiri kanannya terdapat kamar-kamar lagi. Di kamar operasi saya ditemani seorang suster. Dia memasang hasil rontgen di dinding yang dilengkapi sinar untuk membaca hasil rontgen. Dan menyiapkan seluruh data rekam medis. Beberapa saat kemudian masuk lagi wanita yang saya tidak tahu beliau dokter atau co as. Dia memasang alat pendeteksi jantung, tekanan darah dan juga nadi di beberapa bagian tubuh saya yang terhubung ke alat yang dilengkapi monitor di depan saya. Dia menanyakan beberapa informasi seperti pernah dibedah sebelumnya? Sudah memiliki anak?  Berapa orang?  Punya riwayat tekanan darah tinggi,  dll.

Tak lama dokter anestesi datang disusul dokter bedah mulut gigi yang akan mlakukan tindakan operasi. Jam 12.37 dokter anestesi mulai bekerja, dan sebelumnya memastikan kembali jumlah gigi yang akan dicabut. Setelah berkata, "Kita mulai ya bu", cairan bius dalam suntikan dimasukkan ke lubang selang infus di tangan kanan saya. Seketika berasa sesuatu di kepala dan setelahnya tidak tahu lagi yang terjadi.

Saya tersadar di luar kamar operasi jam 14.30, di tempat antrian awal sebelumnya kalau tidak salah. Tak lama saya melihat suami yang dari awal menemani. Saya diantar ke kamar dengan posisi di tempat tidur.

Sesampai di kamar masih beristirahat dan melanjutkan tidur, karena efek bius masih terasa.

Sekitar ashar saya terbangun, sudah mulai minum sedikit, karena sudah buang angin juga. Saya bisa bicara secara biasa tanpa rasa sakit yang berarti. Sebelumnya dari apa yang saya baca, banyak yang tidak bisa membuka mulut sama sekali, sehingga sulit bicara apalagi makan. Masyaallah. Saya bersyukur mendapati lebih baik dari yang saya kira.

Saya mendapat makan malam berupa makanan cair, sepertinya susu. Saya tidak tahu apakah dicampur dengan sesuatu atau tidak. Sebelumnya suami sudah membeli ice cream dan susu seperti saran dari susternya, yang bisa saya konsumsi segera sambil menunggu makan malam tiba. Saya belum boleh makan makanan yang harus dikunyah (semua harus cair) dan tidak boleh dalam kondisi panas.

Makanan cair untuk makan malam

Setelah makan malam saya minum obat yang diberikan suster. Alhamdulillah pasca operasi tidak merasakan perih atau sakit yang berarti, mungkin karena langsung meminum obat yang diberikan. Malam hari kembali suster jaga mengecek kondisi kesehatan saya, dan alhamdulillah semua dalam kondisi baik.

Besok paginya saya mendapat makanan cair lagi sebagai sarapan. Pemeriksaan rutin dan standar juga dilakukan. Sekitar jam 09.00 an, infus saya dicabut oleh suster. Setelahnya saya dapat snack pagi berupa sari kacang hijau.  Sejam kemudian saya diberi tahu sudah bisa pulang.

Sari kacang hijau sebagai snack pagi

Sekitar jam 11.30an saya meninggalkan RS. Sebelumnya suster memberikan informasi dan petunjuk tentang makanan masih harus dalam bentuk cair atau lembut. Tidak boleh mengkonsumsi makanan panas. Belum boleh menggosok gigi sampai ke dalam, atau tidak sama sekali menggosok gigi 😬, tidak berkumur-kumur secara keras, disarankan berkumur dengan air matang. Setelahnya diberikan surat kontrol dan empat macam obat. Saya harus kontrol 4 hari pasca operasi.

Sampai di rumah, yang dirasa sedikit pusing dan lapar. Lapar mungkin karena asupan makanan kurang. Selain itu pipi kiri sedikit bengkak sehingga wajah tak simetris. Masih berasa sedikit kebas dibibir bagian kiri. Namun secara keseluruhan apa yang saya rasakan pasca operasi hari pertama tidak terlalu berarti. Semoga ke depan segera bisa pulih.

Buat kamu yang akan menjalani operasi impaksi jangan khawatir dan takut lagi ya. Semoga pengalaman saya ini bermanfaat buat kamu yang juga punya kasus sama dengan saya.

Benhil,  9-10 Januari 2019.

Comments