PENGALAMAN MENDAFTAR SEKOLAH NEGERI TINGKAT ATAS (PART 2)

Kali ini saya mau sharing bagaimana mendaftar di SMA Negeri. Seperti yang kita ketahui bawah wewenang SMA ada pada pemerintah tingkat provinsi, maka pendaftaran dihandle oleh Dinas Pendidikan Provinsi. Tahun 2023 ini selain mendaftar di MAN si Uda (anak kami yang kedua) juga mendaftar di SMA Negeri. Ini bentuk ikhtiar kami untuk kelanjutan pendidikannya di tingkat atas. 

Proses pendaftaran sudah dimulai sejak siswa berada di Semester 6 Kelas 9, sekitar Bulan April. Pada Bulan Mei, Panitia PPDB Jabar sudah mulai melakukan sosialisasi. Siswa dan orangtua sudah harus terus mengikuti informasi yang terkait dengan PPDB jika ingin lanjut sekolah ke SMA Negeri. 

Berikut beberapa hal yang penting menurut saya, semoga ga ada yang terlewat ya.

Membuat Akun Pendaftaran SMA

Sebagaimana yang saya ceritakan di part I, bahwa si Uda selain daftar di MAN juga daftar di SMA. Untuk pembuatan akun pendaftaran SMA dilakukan oleh sekolah si Uda, kemudian orangtua diinformasikan ID dan passwordnya. Dan kemudian nanti kita yang melakukan pendaftaran. 

Dokumen yang Harus Disiapkan

Sebelum melakukan pendaftaran beberapa dokumen harus disiapkan dalam bentuk softfile untuk nanti bisa diunggah di website pendaftaran. Di antara beberapa dokumen yang harus disiapkan antara lain Kartu keluarga, Raport semester 1-5, KTP orangtua, akte kelahiran calon siswa, dan Surat Tanggung Jawab Mutlak (templatenya bisa didownload dari website pendaftaran). 

Pendaftaran SMA

Pendaftaran untuk PPDB Jabar dibuka 2 tahap, dimana masing-masing tahap membuka pendaftaran beberapa jalur masuk. Untuk jalur masuk terdiri dari: Jalur afirmasi, Jalur perpindahan tugas orangtua/wali/anak guru, Jalur prestasi, dan jalur zonasi. Tahap I dibuka pendaftaran jalur masuk prestasi salah satunya, sedangkan Tahap II dibuka untuk jalur masuk zonasi salah satunya. Saya hanya mendaftarkan si Uda di jalur prestasi (Tahap I) dan Jalur Zonasi (Tahap II), karena hanya dua jalur itu yang bisa dipilih.

Jalur Prestasi

Jalur prestasi terdiri dari prestasi akademik (nilai raport) dan jalur prestasi kejuaraan. Prestasi kejuaraan berdasarkan hasil perlombaan di semua bidang, seperti olahraga, agama, seni, dan lain-lain.

Website PPDB Jabar Tahun 2023

Hal-hal penting menurut saya yang perlu diperhatikan secara umum adalah:

  1. Temukan Petunjuk Teknis Kuota atau SOP PPDB di website PPDB, baca dan pelajari semua persyaratan dan petunjuk yang ada. Tahun ini Juknisnya berupa Keputusan Gubernur Jabar No 4864 tanggal 11 April 2023. Pada Lampiran dapat ditemukan format Surat2 yang harus diupload, dan ada juga di websitenya. Semua hal secara detil telah dijelaskan dalam Juknis tersebut dan rasanya tidak perlu bertanya lagi ke panitia setelah membaca semuanya. 
  2. Cek kuota yang tersedia masing-masing jalur masuk dan pilih jalur yang berpotensi besar untuk lulus
  3. Catat semua jadwal pendaftaran, pasang alarm jangan sampai terlewat.
  4. Catat ID dan password pendaftaran dengan rapi, jangan sampai hilang, karena ini akan mengacaukan semua proses pendaftaran. Terkadang karena harus proses reset password ke panitia dst, deadline terlewatkan sehingga gagal daftar.
  5. Untuk jalur zonasi, temukan di website atau di youtube (channel PPDB) video cara pengukuran jarak rumah ke sekolah.
  6. Pendaftaran dilakukan setiap kali ingin mendaftar di jalur yang dipilih. Seperti si Uda, Tahap I ikut daftar untuk jalur Prestasi, dan saat pengumuman keluar dan tidak lulus, Uda mendaftar lagi untuk Tahap II dan memilih jalur zonasi. 
  7. Iringi semua ikhtiar dengan doa, karena Dia sebaik-baik penentu.
  8. Berusahalah dengan jujur, jangan melakukan tindakan suap dan memanipulasi data, walau di mata manusia tak tampak, tapi Dia Maha Melihat apa yang kita kerjakan. 
  9. Siapkan cadangan sekolah swasta untuk berjaga-jaga jika ananda tidak lulus di SMA Negeri.

Itu saja yang dapat saya bagi. Semoga bagi teman2 yang akan mendaftarkan anaknya ke SMA dapat lulus di sekolah yang diinginkan. Good luck

Mohon doa nya buat si Uda ya, yang akhirnya Allah takdirkan untuk tidak bersekolah di negeri. Alhamdulillah si Uda tetap semangat bersekolah di swasta. Semoga sukses dan berprestasi. Aamiin. 


Proud mom of 3 children

 


Comments