Thypus Kambuh Lagi dan Lagi

Pekan lalu di saat cuti padahal, penyakit thypus ini kambuh lagi untuk kesekian belas kali, saya sampai lupa pastinya kali yang ke berapa. Penyakit ini semakin ke sini semakin sering kambuh. Menurut Dokter, bakterinya dorman (menetap) dalam tubuh, dan akan aktif kembali pada suatu saat. 

Sebetulnya ingin sembuh total tanpa kambuh lagi. katanya bisa. katanya ada, tapi saya belum tahu bagaimana teknisnya. Sakit typus itu tidak enak banget. Ya iyalah, mana ada sakit yang enak...hehehe. Saat sakit ini menyerang, kepala rasanya sakit dan kliyengan. Perut mual dan eneg, ga nyeri sich. Nafsu makan terganggu karena mulut pahit. Tapi ke sini-sini sich nafsu makan tidak terlalu mengganggu. Ke sini-sini makan masih enak saat thypus melanda.

Pertama kali menderita sakit ini adalah tahun 1995. Saat itu saya baru menjadi mahasiswa di Bogor, ribuan km dari rumah. Mana saat itu menjelang ujian semester. Saya hanya dirawat oleh teman sekamar di kost an. Saya tidak dirawat di RS karena bingung bagaimana nanti di sana, siapa yang mengurus, dll nya. Saya lupa bagaimana detilnya peristiwa itu. yang saya ingat, demam saya sangat tinggi, dimana tempat tidur sapai bergoyang karena badan saya sampai menggigil hebat. Saya merasa kedinginan, sampai menggunakan berlapis pakaian dan juga selimut, tapi masih berasa dingin, padahal teman yang menyentuh saya mengatakan kalau badan saya panas.

Penyakit thypus saya kambuh lagi di tahun 2003. Saat itu saya sudah bekerja dan sedang dalam proses menikah. Karena tidak ada yang akan mengurus saat saya sakit, saya sampai diantar kakak saya pulang kampung menggunakan pesawat dengan waktu terbang sekitar dua jam. Sampai di rumah, saya diajak ke dokter lagi oleh orang tua. Selama di rumah, saya dirawat dengan baik oleh ibu. Sangat dijaga makanan saya oleh ibu. Sama sekali tidak dibolehkan beraktifitas. 

Kambuh yang ketiga dan seterusnya saya sudah lupa. 

Beberapa kali divonis sakit thypus karena hasil test Widal. Waktu sakit parah, titer test widal itu sampai besar dari 1/320. Tapi ke sini-sini hasil titernya hanya sampai 1/160 bahkan ada yang cuma 1/80. Namun badan saya merasa tidak enak, kepala sakit kliyengan, mual dan eneg. Sangat mengganggu aktifitas. 

Kambuh yang terakhir ini, menyebabkan saya tidak jadi berangkat ke luar kota untuk suatu kegiatan, sehingga akhirnya tiket pesawat pulang dan pergi terpaksa dibatalkan karena kondisi tubuh yang tidak bisa dipaksakan. 

Saya ingin sembuh total dari penyakit ini. 



Comments