Wisata ke Pulau Seribu Setelah Lebaran Mei 2022 (Bagian 2)

Setelah cukup beristirahat, sholat dan makan siang di penginapan, kami dijemput oleh Mas Fathi agen wisata untuk berwisata dari pulau ke pulau di Kepulauan Seribu dan snorkeling melihat pemandangan bawah laut yang indah dan cantik.

Kami berjalan dari homestay menuju dermaga yang tidak jauh jaraknya. Kami berjalan di trotoar sepanjang pinggir laut yang banyak ditumbuhi tanaman bakau. Menurut mas Fathi, bakau tersebut ditanam oleh siswa-siswa sekolah SD-SMA dari luar pulau yang melakukan fieldtrip atau wisata ke pulau tersebut. Di dermaga tersebut banyak dijumpai perahu-perahu kecil yang bisa membawa penumpang dari pulau ke pulau di Kepulauan Seribu. Kami membawa roti dan snack secukupnya, juga tak lupa air minum sebagai bekal jika anak-anak lapar selama perjalanan. Namun jangan khawatir bagi kalian yang lupa bawa snack dan minuman, karena di beberapa pulau banyak terdapat pedagang makanan, yang menjual makanan ringan, mie cup dan kopi serta minuman lainnya.

Perjalanan pertama kami menuju sebuah pulau yang saya lupa namanya hehehe maafkan (saya sampai lupa saking bahagianya lihat laut biru yang tidak ada manusia lain yang saya temui selain rombongan kami). Bener-bener happy banget. Setelah perahu berhenti, anak-anak berlompatan ke luar perahu. Ternyata tempat kami berhenti, lautnya tidak dalam, hanya sekitar 30 cm. Tampak dengan jelas pasir putih dari atas permukaan laut dan di bagian lain terlihat pasir putih terhampar seperti pemandangan pantai yang biasa kita lihat, hanya ini berada di tengah-tengah laut. Saya yang masih ragu untuk berenang, ikutan turun menemani anak-anak yang bermain air. Saya berjalan di tempat yang dangkal tersebut. Airnya jernih dan pasirnya putih. Tanpa berlama-lama saya mulai duduk di air yang hanya setinggi 30 cm itu. Di beberapa bagian airnya mulai dalam, sekitar 1-1.5 m. Di sini anak-anak diperkenalkan dengan perlengkapan snorkeling oleh Mas Fathi sekalian cara penggunaannya. Anak-anak mencoba untuk snorkeling di sini tapi pemandangan bawah belum begitu bagus, didominasi oleh pasir putih.

Baru Hanya ada Rombongan Kami di Pulau ini

Sekitar 20 menit bermain di pulau ini, dua buah kapal mulai merapat mendekati kapal kami membawa rombongan wisatawan lain, namun juga tidak banyak. Setelah cukup bermain di sini, kami mulai naik kapal dan melanjutkan perjalanan ke pulau lain.

Pasir Putih di Kedalaman 30-60 cm Memantul dengan Jelas ke Permukaan Laut

Saya lupa nama pulau-pulau yang kami kunjungi, saking terkesima dengan keindahan pulau-pulau tersebut, pas perahu bersandar langsung berlompatan ke luar. Anak-anak sangat excited dengan pengalaman baru ini. mereka ga ada bosannya berenang dan bermain air serta bermain pasir.