Jembatan Ampera Kota Palembang

Jembatan Ampera adalah ikon terkenal Kota Palembang. Kata orang belum sah ke Palembang kalau belum foto di sini. Namun ternyata kita tidak dapat berhenti di pinggir jembatan tersebut untuk mengambil foto. Karenanya kami berhenti di Plaza Benteng Kuto Besak di pinggir sungai dimana jembatan tersebut masih bisa terlihat. 

Beberapa foto di bawah ini merupakan penampakan Jembatan Ampera dari pelataran Benteng Kuto Besak di daerah 19 Ilir Bukit Kecil Kota Palembang, yang posisinya berada di pinggir Sungai Musi. Di sini juga terdapat Tugu Ikan Belida dengan ketinggian 9 m.. Ikan Belida ini dulunya hidup di Sungai Musi dan sekarang ikan ini sudah diambang kepunahan, seiring polusi yang semakin meningkat di habitatnya Sungai Musi. Ikan ini merupakan bahan baku pembuatan pempek zaman dulu. Namun sekarang seiring langkanya ikan ini, dia digantikan dengan ikan tenggiri. 

Jembatan ini dibangun pada tahun 1962, menghubungkan daerah Seberang Ulu dan Seberang Ilir yang dipisahkan oleh Sungai Musi. Panjang jembatan ini adalah 1.117 meter dan lebar 22 meter. Tinggi jembatan dari permukaan air sungai adalah 11,5 meter, dengan tinggi menara 63 meter.











Sungai Musi



Tugu Ikan Belida



Comments