Sepekan di Kochi India

Sebelum sampai di India kami sudah mencari tempat untuk menginap selama sepekan. Bertemulah dengan tempat ini. Bisa dicari di Agoda atau booking.com. Namanya BMRAN Apartment. Penampakannya seperti foto di bawah ini. Terdiri dari 3 lantai. Lantai 1 adalah tempat parkir. Kamar-kamar berada di lantai 2 dan 3. Lantai paling atas semacam rooftop untuk menjemur pakaian sepertinya. Tapi saya tidak tahu pasti karena tidak pernah naik ke atas. 


BMRAN Apartment

Menurut saya tempatnya cukup nyaman. Dekat dengan jalan raya, hanya sekitar 50 meter sudah sampai di jalan raya. 

Pemandangan depan Apartment

Kami menginap di lantai 3. Terdiri dari 2 kamar yang di dalamnya terdapat kamar mandi. Ada ruang tamu yang tersambung dengan ruang nonton dengan TV nya dan ruang makan. Juga ada dapur sekaligus tempat laundry. Menurut aku komplit sudah fasilitasnya. Di dapur disediakan kulkas, kompor gas, peralatan masak, peralatan makan, sabun untuk cuci piring. Ada juga mesin cuci lengkap dengan detergent untuk mencuci baju. Di kamar mandi juga tersedia sabun mandi dan shampoo. Keren sih menurut aku fasilitasnya. Dan tentunya ada fasilitas WIFI gratis.  

Ruang Tamu, Ruang Nonton dan Ruang Makan


Meja Makan

Di ruang makan terdapat meja makan dan wastafel di sampingnya.



Kamar Tidur

Fasilitas di kamar tidur umum aja sih. Pastinya ada tempat tidur, lemari pakaian, meja samping tempat tidur dan AC. Oh ya AC hanya ada di kamar tidur. Di ruang tamu tidak ada, yang ada hanya kipas angin.

Kamar Mandi

Dapur dan ruang laundry dengan mesin cuci dan tempat jemur pakaian

Fasilitas di dapur, seperti yang tampak di foto atas. Ada kipas angin dan exhaust. Dan terdapat dua jendela, sehingga di siang hari tidak perlu lampu.  
 
Jalan raya di ujung jalan 

Empire Plaza Restaurant yang tidak jauh dari Apartment

Nasi di Empire Restaurant

Lupa namanya, tapi ini mirip Sampadeh Ikan di Restoran Padang  😋

Tidak jauh dari Apartment terdapat mall yang menjual berbagai kebutuhan. Di Lulu Market yang ada di lantai bawah kami belanja kebutuhan makanan seperti sayur, buah, beras dan lain-lain. Rencananya ingin masak sendiri karena fasilitas juga sudah ada. Hasil survei harga di supermarketnya, untuk produk India sendiri harganya lebih murah dari Indonesia seperti sayur dan buah. Sementara kalau produk import agak mahal. 

Mall yang bisa ditempuh jalan kaki dari Apartment





Tuk tuk yang bisa dipesan via aplikasi Uber. Seperti Bajaj

Penampakan dalam Tuk Tuk

Oh ya, saat sepekan di Kochi Kerala India, saya tidak menjumpai pedagang makanan di jalan raya yang jorok seperti yang sering kita lihat di media sosial. Kochi relatif lebih baik dari yang kita temui di video media sosial. Mungkin karena Kochi adalah kota kecil yang jauh dari Mumbai apalagi New Delhi yang merupakan kota besar dengan jumlah penduduk yang padat. Kemacetan jalan raya pun mirip-mirip dengan Indonesia sih keknya. Macet di jam-jam berangkat dan pulang kantor atau sekolah. 

Untuk transportasi umum menurut saya sih masih kurang baik. Mirip dengan bus kota zaman dahulu di Jakarta. Tanpa AC dan tanpa kaca jendela. Dan jalanan pun masih kurang ramah pejalan kaki. Trotoar banyak yang rusak. Dan bahkan masih banyak jalanan yang tidak ada trotoarnya. 

Mungkin itu sharing kali ini. Terima kasih sudah mampir dan membaca tulisan ini. 

Depok, Hari ke 5 Ramadhan (16 Maret 2024)  

Comments