Kota Pekanbaru Provinsi Riau

Beberapa tempat yang sempat saya kunjungi antara lain Pasar Bawah Pekanbaru. Mampir ke sini  untuk membeli oleh-oleh. Pasar ini terdiri dari beberapa lantai (saya lupa persisnya berapa). Pengelolaan parkir di pasar ini belum dilakukan secara baik, dilihat dari retribusinya yang suka-suka petugas jaga. 

Di lantai dasar pasar ini menyajikan snack dan makanan ringan khas Sumatera Barat seperti kerupuk sanjai dan lain-lain. Di bagian yang lain, terdapat banyak makanan ringan impor dari negeri tetangga, yaitu Malaysia dan Singapur. Selain makanan, saya mendapati souvenir lain berupa pin atau bros khas Sumatera Barat, yaitu Jam Gadang dan Rumah Gadang. Namun sepertinya barang ini diimpor dari Tiongkok. Terdapat juga kain-kain khas daerah Riau juga dari negeri jiran Malaysia. 


Pedagang Kerupuk Khas Sumatera Barat di Lantai Dasar Pasar Bawah

Pedagang Kerupuk Khas Sumatera Barat di Lantai Dasar Pasar Bawah


Bros Jam Gadang

Bros Rangkiang Rumah Gadang

Selesai belanja dan muterin pasar, saya menuju Masjid yang berada sekitar 100 m dari pasar. Masjidnya luas dan bersih. Tempat wudhu'nya, berada di seberang masjid, melewati jalan di depan masjid. Temapat wudhu'dan toilet tidak menjadi bagian dari bangunan masjid. 

Terdapat pilar cantik di tengah bangunan Masjid


Bagian dalam bangunan masjid

Terdapat Makam Marhum Pekan di samping Masjid

Penghujung 2018

Comments