Kuil Shilleuksa di Korea


Perjalanan ke sini sebenarnya sudah lama dilakukan, namun baru sempat ditulis sekarang. Berbekal catatan, foto dan ingatan masa itu, tulisan ini dihadirkan di sini.

Kuil Shilleuksa merupakan kuil Budha yang berada di sisi utara Sungai Han dan merupakan satu-satunya kuil di Korea yang berada di pinggir sungai, dimana biasanya kuil berada di pegunungan atau perbukitan. Kuil ini berada di Yeoju, Provinsi Gyeonggi Korea Selatan, dengan luas sekitar 105,75 ha. Menurut sejarah, kuil ini berdiri sejak masa Dinasti Silla dan dibangun oleh Biksu Wonhyo. Lokasi ini bisa ditempuh dalam waktu sekitar satu jam dari kota Seoul.

Untuk masuk ke lokasi ini, pengunjung dikenai biaya yang besarnya saya lupa berapa won. 😅Pemandangan di kuil ini sangat indah, tenang dan damai. Ada ratusan pohon yang ada di lokasi kuil. Bahkan ada pohon yang berusia 600 tahun seperti Gingko dan beberapa pohon juniper aromatik. Dan banyak pohon lainnya yang berusia lebih dari 20 tahun. 

Tidak jauh setelah masuk dari pintu gerbang, saya menemui bangunan yang terdapat air untuk pengunjung, lengkap dengan gayungnya. Tapi saya mengambil air tersebut langsung menggunakan tangan.  

Terdapat beberapa bangunan di kuil ini. Dan saat saya berada di sana, sedang dilaksanakan sembahyang umat Buddha. Saya berada di sana siang sekitar jam 10.00 an.  

Tempat membeli tiket masuk Kuil Shilleuksa
 
Pemandangan pertama memasuki area kuil

Paviliun Boje-ru di Kuil Shilleuksa

Saya cuma minum doank loh ya, tanpa meyakini ini itu😊

Bangunan lain di komplek kuil

Myeongbu-jeondi Kuil Shilleuksa
 
Bangunan lain di komplek kuil

Bangunan lain di komplek kuil

Monumen kura-kura di komplek kuil

Salah satu prasasti di komplek kuil, sayang sekali tidak ada teks berbahasa Inggris

Salah satu prasasti di komplek kuil


Pohon yang berusia ratusan tahun

Sungai Han
 
Pemandangan di komplek kuil


 
Pemandangan di komplek kuil





Comments