Coffee break or Snack time

Saat mengikuti pelatihan di AS, salah satu hal yang menarik buat saya adalah snack yang disajikan saat coffee break. Kenapa menarik, karena yang disajikan adalah snack yang ringan secara kandungan kalorinya. Bahkan di beberapa hari, disajikan buah-buahan, ada jeruk, pisang, blueberry, dan strawberry. Yang saya ingat, pernah juga disajikan kacang almond sebagai snack. Teh dan kopi bikin sendiri, dimana teh, kopi, gula, creamer atau susu sudah disediakan. Bahkan pernah juga disiapkan coffee maker machine. 



Selain mug juga disediakan gelas sekali pakai untuk minuman panas

 Sayangnya saya tidak mengambil gambar snack time setiap hari hehehe. Sehingga akan terlihat bedanya. Ini hanya salah satu snack di satu hari. 

Jika teman-teman pernah mengikuti pelatihan atau rapat di Indonesia, tentunya kalian tahu kan seperti apa snack yang disajikan? Jika pertemuan fullday maka snack pagi ada kue manis satu, kue asin satu, kripik an, atau kacang-kacangan. Nanti snack sore juga demikian. Snack malam juga demikian. Coba deh kalau teman-teman mengikuti pelatihan selama sepekan, sudah dijamin deh, berat badan langsung meningkat. Bener ga? Karena belum lagi sarapan dan makan siang yang disajikan beragam jenis dan pilihan yang sangat menggugah selera. 

Dan kalau pelatihannya di hotel, para karyawan hotel sudah siap melayani peserta dengan menyiapkan snack dan minumannya ke masing-masing meja. Tapi kadang-kadang ada juga yang pesertanya mengambil sendiri ke meja snack.

Sementara itu kalau di AS, semua snack dan minuman itu hanya disiapkan di meja belakang, dan bagi yang mau, mengambil sendiri snack tersebut, dan jika ingin minum menyiapkan minum sendiri. Ini juga dikarenakan mahalnya upah tenaga kerja di AS dibanding di Indonesia. 

Saat mengikuti pelatihan Korea, kurang lebih sama dengan apa yang ada di AS. Snack yang disajikan adalah snack ringan, seperti cookies kemasan yang jumlahnya sedikit. 

Kalau kebanyakan makan, tentunya perut penuh. Mata jadi mengantuk. Dan jadinya ga fokus lagi mengikuti pembelajaran sesi selanjutnya 

Bisa dirubah ga sih? 


Comments