POINT BONITA LIGHTHOUSE, CALIFORNIA AS

Mercusuar Point Bonita ini terletak di Sausalito California, tidak jauh dari San Fransisco. Untuk dapat ke sini dapat berjalan kaki lumayan jauh dari lokasi parkir mobil, sekitar 1 km kurang lebih Bagi orang-orang seperti saya yang tidak terlalu banyak aktifitas berjalan kaki cukup ngos-ngosan mencapai lokasi mercusuar ini. Jalannya tidak terlalu lebar, beraspal dan mudah ditempuh. Jalannya ada yang mendaki dan menurun, menyusuri tebing, dan di kiri kanannya terdapat hamparan laut. Suhu yang dirasakan saat itu cukup dingin, ditambah lagi angin laut yang berhembus cukup kencang. Namun setelah sampai lokasi, pemandangan yang disuguhkan membuat saya lupa akan capek dan pegal karena berjalan. Saya mengunjungi tempat ini saat musim semi di hari Sabtu, penghujung April 2023.  

Pemandangan tidak jauh dari Lokasi Parkir

Berjalan kaki dari parkir menuju lokasi mercusuar seringkali terhenti karena pemandangan sekitarnya sangat sayang untuk dilewatkan begitu saja. Sebentar-sebentar berhenti untuk melihat bunga yang bermekaran, dan mengambil foto di spot-spot yang sangat menarik. Tampak jauh di seberang sana, jembatan Golden Gate. Sayangnya cuaca berkabut sehingga jembatan tidak nampak secara utuh sampai puncaknya. 

Dari jalan menuju Point Bonita tampak di kejauhan Golden Gate Bridge


Jalan menuju Mercusuar bagus dan Beraspal 


Jalur ke Point Bonita dengan Terowongan di Ujungnya

Mendekati lokasi mercusuar, pengunjung harus melewati terowongan dengan panjang 36 meter, sehingga saat masuk tidak memerlukan alat penerangan karena tidak jauh sudah kelihatan mulut terowongan. Terowongannya kecil, sehingga masuknya harus bergantian. 


Di Pintu masuk terowongan menuju mercusuar, terdapat Jadwal Buka Tutup Lokasi




Mercusuar Point Bonita

Setelah keluar dari terowongan, dan masih berjalan kaki beberapa meter lagi, baru tampak mercusuar ini. Untuk sampai ke sana, harus mengantri dulu untuk melewati jembatan besi. Jembatan ini sudah sangat tua, makanya perlu dibatasi jumlah orang yang melewatinya. Saat saya berjalan di atas jembatan tersebut, terasa berayun-ayun apalagi jika angin berhembus kencang akan lebih terasa. 

Di sana ada petugas yang berjaga dan mengatur berapa orang yang bisa masuk dan melewati jembatan tersebut. Di lokasi mengantri, terdapat teropong yang dapat melihat singa laut dari kejauhan. Sepertinya teropong itu milik sebuah komunitas pecinta binatang, bukan fasilitas dari lokasi mercusuar ini, tapi saya tidak tahu pasti sich. Saya sempat menggunakan teropong tersebut, dan dari arah kejauhan tampak banyak sekali singa laut yang bergeletakan di pinggir pantai.  


Jembatan Golden Gate Tampak dari Kejauhan dengan puncak yang tertutup kabut


Pemandangan di bawah dari pinggir mercusuar

Tebing tinggi di sepanjang pinggir laut tampak dari Mercusuar Point Bonita

Suasana di dalam Mercusuar Point Bonita

Menyaksikan Petugas Point Bonita yang menyanyikan lagu country


Suasana laut dengan pantai dan tebingnya sangat indah sekali. Ga bosen menikmatinya. Masyaallah, luar biasa ciptaan Allah. Di atasnya juga ditemui burung-burung beterbangan berombongan dengan suaranya yang khas, menambah indahnya suasana di sekitar mercusuar Point Bonita. Di kejauhan sana juga tampak beberapa perahu layar.  

Saya tak mampu berlama-lama berdiri di luar mercusuar itu karena dinginnya udara ditambah angin yang berhembus kencang. 

 



Di dalam mercusuar tersebut terdapat foto-foto peristiwa yang pernah terjadi di lokasi tersebut dan terdapat juga brosur dan peta yang dapat diambil para pengunjung. Mercusuar di Point Bonita ini dibangun pada tahun 1855, untuk mencegah kapal menabrak pantai. 

Bangunan mercusuar itu sendiri sangat kecil, dan saat masuk ke ruangannya, tidak bisa banyak orang sekaligus, mungkin sekitar 10 orang maksimal. Oh ya, masuk ke sini gratis kok, tidak dipungut bayaran sama sekali. 

California, 29 April 2023

Comments