NATIONAL MUSEUM OF AFRICAN ART

National Museum of African Art ini berada di Washington DC. Buka jam 10.00-17.30 dan gratis. Museum ini adalah satu-satunya museum nasional di Amerika Serikat yang diperuntukkan untuk koleksi, pameran, konservasi dan studi seni Afrika. Di museum ini kita dapat melihat koleksi-koleksi hasil seni Africa mulai dari yang bersifat tradisional sampai kontemporer.

Saat masuk, tas kita diperiksa oleh petugas, dan setelahnya tas boleh dibawa masuk ke dalam museum.

Pintu Masuk Utama ke Museum

Ada barang-barang ukiran, model pakaian, pelengkap pakaian, dan lain-lain. Menurut saya museum  ini bersih, dengan penerangan yang cukup, dan tidak ada bau apek akibat lembab dan sirkulasi udara yang tidak bagus. 

Dan dari Museum ini saya baru tahun tentang Nollywood. Selama ini saya hanya mengenal Hollywood atau pun Bollywood, kamu juga kan? Dan ternyata Nollywood itu diistilahkan bagi film-film produksi Nigeria, salah satu negara di Afrika. 

Berikut di bawah beberapa koleksi yang sempat saya dokumentasikan. Yuuk kita lihat sama-sama. 


Penampakan dari Tangga Atas

Penampakan ke Bawah dari Lantai Atas

Koleksi Foto-foto


Koleksi Pelengkap Pakaian dan Upacara Adat

Salah satu Koleksi Model Pakaian

Ada yang bisa nebak ini apa dan terbuat dari apa?





Ga banyak yang bisa saya ceritakan di sini, yang pasti, ke sini banyak pengetahuan yang di dapat. Dan saya tidak banyak mengambil dokumentasi di sini, karena asyik melihat barang-barang koleksi di sini. Dan yang lebih menarik adalah barang-barang tradisional. 

Ok, segitu dulu ya. 

Washington DC, 24 April 2023
(tanggal kunjungan saya saat itu)

Comments