University of California Davis

Senang sekali bisa menginjakkan kaki di kampus UC Davis ini. Dulu pernah punya mimpi bisa kuliah ke luar negeri, namun tidak terealisasi. Hanya sempat mengikuti pameran pendidikan luar negeri yang diadakan di Jakarta. Itu aja sudah senang, membawa pulang berbagai macam brosur kampus-kampus luar negeri. Kali ini hampir dua pekan berada di Davis dan belajar di kampus ini, sejak penghujung April 2023 sampai awal Mei.

University of California ini ada 7, dan salah satunya terdapat di Davis. Yang lainnya itu ada seperti UC Los Angeles, UC Brooklyn, UC Berkeley, dan lain-lain. Davis ini merupakan kota yang cukup dekat dengan Sacramento yang merupakan Ibukota Negara Bagian California. 

Kampus UC Davis ini termasuk kampus tua. Terlihat dari bangunan-bangunan yang ada. Dan sangat luas sekali. Saat saya berada di sana sedang musim semi, sehingga dimana-mana banyak sekali saya temui beragam bunga warni-warni yang sangat indah. Tak satupun tanaman bunga yang rusak akibat tangan-tangan iseng tak bertanggung jawab. Pohon-pohon besar pun sangat banyak ditemui di sepanjang perjalanan dari satu bangunan ke bangunan lain. 


Di batang pohon ini tampak sepasang tupai melompat-lompat

Di kampus ini juga terdapat berbagai taman yang sering digunakan mahasiswa berkumpul, ngobrol ada juga yang makan bareng bersama. Ada danau yang diramaikan dengan unggas di sekitarnya. Hal-hal ini menjadikan kampus bisa menjadi tempat yang asyik untuk beristirahat, menenangkan pikiran. Atau bisa juga sambil mengerjakan tugas di alam bebas. 

Kampus ini terkenal dengan sepeda yang sangat banyak digunakan mahasiswa, bahkan dosen dan karyawan kampus pun biasa menggunakan sepeda. Hampir di setiap jurusan menyediakan parkir sepeda. Selain bersepeda ada juga mahasiswa yang menggunakan skateboard, namun tidak banyak. 

Oh ya selama beberapa hari bolak-balik di kampus ini saya tidak mendapati satu pun orang merokok, bahkan di kantin sekali pun. Setelah ngobrol sama karyawan di kampus ini, ternyata ada peraturan kampus yang melarang semua orang untuk merokok di lingkungan kampus, bahkan tamu sekali pun. Untuk hal ini saya acungin jempol dua, atau empat sekaligus kalau boleh (tapi ga sopan ya 😃).

Namun untuk aturan berpakaian sepertinya tidak ada ya. Saya sendiri ga tau pasti, dan ga sempat nanya juga. Di kampus ini saya melihat mahasiswi ke kampus dengan pakaian sangat terbuka, saat cuaca panas, seperti bercelana sangat pendek, dan baju tanpa lengan yang minimalis menurut saya. Mahasiswa juga ada yang bercelana pendek.





Banyaknya bunga dan berbagai tanaman di kampus ini mengundang banyak hewan pun hidup di sini. Sekawanan burung sering terlihat terbang melintas di kampus ini. Beberapa ekor tupai juga sering terlihat di pinggir jalan atau di atas dahan-dahan pohon. Suasana yang sangat mendukung sekali untuk bisa nyaman dan tenang belajar di kampus ini.

Spring in UC Davis
April 28th, 2023





















 


Comments