California State Railroad Museum at Sacramento USA

Museum ini menyajikan tentang sejarah kereta api di California AS. Museum ini berlokasi di Sacramento California AS. Museum ini dibuka jam 10.00 am - 05.00 pm. Biaya masuk museum untuk dewasa adalah sebesar $12 dan setengahnya untuk anak-anak. Dan untuk anak di bawah usia 5 tahun gratis. Lumayan mahal sih buat orang Indonesia untuk masuk ke sebuah museum 😊. Tapi menurut aku, museumnya keren banget. Buat anak-anak pasti ini tidak akan membosankan, apalagi tampilan dalam museumnya bener-bener keren.


Bagian luar museum


Museum ini menampilkan belasan lokomotif yang telah dipugar, beberapa diantaranya berasal dari tahun 1862. Juga menampilkan sejarah tentang pembangunan rel kereta api (transcontinental railroad tahun 1860-an di dataran tinggi Sierra Nevada. 

Gerbong kereta api ditampilkan dari yang sangat kuno. Ada gerbong dengan desain interior dari kayu dan lain-lain. Ada gerbong yang lengkap seperti rumah, ada ruang keluarga/tamu, kamar tidur, tempat makan dan lainnya. 

Ada gerbong kereta untuk penumpang biasa. Pernah lihat kereta api di film jadul Little House on the Prairie? Nah, suasana dalam dan kondisi kereta mirip-mirip seperti itu. Tentunya bagi yang kelahiran tahun 1980-an ke atas tidak mengenal film ini. Dan kota Sacramento dimana museum ini berlokasi, merupakan kota tua dengan suasana mirip di film tersebut. Suasana kota zaman koboi ada.



Interior dan pencahayaan dalam museum











Pembangunan rel kereta api di wilayah ini banyak melibatkan imigran China. Puluhan ribu pria China datang ke California untuk mengadu nasib. Kehidupan mereka yang sulit di negara mereka karena peperangan, kemiskinan dan jumlah penduduk yang padat membuat mereka memberanikan diri mencari daerah baru untuk hidup lebih baik. Sebagian besar mereka berasal dari provinsi Guangdong (sebelah selatan China). 




Comments