PERJALANAN 25 JAM KE AMERIKA SERIKAT DENGAN QATAR AIRWAYS

Lebaran Idul Fitri 2023 hari pertama, setelah silaturrahim ke saudara dan tetangga, saya bersiap untuk berangkat ke Bandara Soetta. Sebelum zuhur saya sudah berangkat dari rumah untuk jadwal penerbangan saya jam 18.20 WIB. Sengaja berangkat lebih cepat untuk mengantisipasi jalanan yang tidak bisa diprediksi di Hari Lebaran I tersebut. Ternyata jalanan cukup ramai, dan di pintu tol pertama dari rumah saja sudah penuh antrian mobil. Saya paling tidak suka tergesa-gesa di Bandara, karena bisa lelah dan stres. Untuk itu saya bela-belain berangkat lebih awal. Saya pikir lebih baik saya berangkat awal agar bisa tenang dan sedikit santai. Apalagi ini perjalanan yang ditempuh sangat jauh dan baru pertama kali juga ke AS. Saya berangkat jam 12.30 WIB.

Pakai Sandal aja biar nyaman 😃

Hanya 1 jam 20 menit saya sudah sampai di Bandara Soetta. Saya masuk Bandara melalui Pintu 2 Terminal 3. Ternyata saya belum bisa langsung check in, karena datangnya kecepetan. Ga papa deh. Saya bisa duduk dulu ngaso sambil mengerjakan sesuatu di laptop. Setelah counter check in dibuka sekitar jam 15.00, saya langsung check in. Setelah check in lanjut ke bagian imigrasi.

Saya hanya membawa 2 koper, ukuran 25 dan 20 inch. Koper besar saya masukkan bagasi dan yang kecil saya bawa ke kabin. Di koper kecil saya masukkan laptop, karena manggul di ransel lumayan berat. Di koper kecil juga saya masukkan beberapa stel pakaian untuk 2 hari, untuk antisipasi kalau koper di bagasi tertinggal atau bahkan hilang. Karena dari pengalaman teman-teman yang ke luar negeri ada kejadian pahit seperti itu, yang tentunya tidak saya harapkan. Karena untuk membeli pakaian di Amerika Serikat pastinya tidak murah. Apalagi menemukan pakaian muslimah juga lebih tidak mudah lagi. 😀 Tambah lagi mencari size yang seukuran saya, tambah masalah lagi deh.

Cukup lama duduk dan mengerjakan sesuatu di laptop, akhirnya sampai waktunya boarding, yaitu jam 17.45, sejam sebelum terbang. Tiket saya adalah American Airline yang bekerja sama dengan Qatar Airways. Pada boarding pass saya tertulis, Penerbangan QR 957 dengan tulisan di bawahnya Sold as AA (American Airline)-8152. Jadi dari Indonesia saya menaiki Pesawat Qatar Airways dan transit di Doha, Qatar. Alhamdulillah, makanan halal bisa jadi pilihan selama di pesawat. Penerbangan dari Indonesia ke Qatar memakan waktu sekitar 9 jam-an.

Pesawat transit di Doha jam 23.28 waktu Doha atau jam 03.27 WIB. Saat turun pesawat masuk Bandara agak bingung mencari gate berikutnya menuju penerbangan berikutnya ke Washington. Di Bandara Doha saya ga sempat kemana-mana, setelah antri check in lagi, nunggu di ruang tunggu dan tidak lama, mungkin hanya bisa ke toilet sebentar. Di gate ini ada beberapa koper penumpang yang diminta masuk bagasi, barangkali kabin pesawat sudah penuh. Namun koper saya masih aman, tidak kena jegal. Di ruang tunggu banyak penumpang dari berbagai negara. Ada bule berkulit putih, negro, arab, India, China, Melayu. Saya menemui banyak wanita yang menggunakan hijab, sepertinya mereka baru kembali setelah I'tiqaf selama Puasa Ramadhan dan Idul Fitri di Arab Saudi.

Saya mulai masuk pesawat kembali jam 00.35 waktu Doha dengan penerbangan QR 709 (pesawat Qatar Airways) masih dengan tulisan yang sama di bawahnya yaitu Sold as AA (American Airline)- 8122 untuk terbang ke Bandar Udara International Washington Dulles (IAD). Keberangkatan pesawat ini terjadwal jam 01.35 waktu Doha. Perjalanan Doha-Washington sekitar 14 jam-an, dan akan sampai di Washington sekitar jam 9.20 waktu setempat.

Alhamdulillah, mendarat dengan selamat di Bandar Udara Washington Dulles pada pukul 09.08 AM sekitar jam 20.08 WIB. Setelah turun pesawat langsung menuju imigrasi. Di sini saya mengantri sekitar 2 jam, karena memang ramai sekali penumpang. Saat di imigrasi beberapa pertanyaan yang diberikan petugas seperti tujuan saya ke sana ngapain, berapa lama, tinggal dimana dan apa saja barang yang dibawa dalam koper. Selesai melewati imigrasi, saya langsung ambil bagasi yang sudah berjejer rapi dengan koper lain di samping conveyor dan keluar bandara.

Secara umum, tidak ada masalah dalam perjalanan perdana ke AS ini. Untuk makan alhamdulillah bisa pesan makanan halal. Untuk sholat saya telah menghitung waktunya sejak dari Indonesia, kapan mulai sholat. Jadi sejak maghrib hari pertama sampai shubuh  ke dua saya lakukan di dalam pesawat.