Museum Keramik Gyeonggy di Korea

Museum Keramik Gyeonggy terdapat di Gonjiam Ceramic Park di Gwangju Provinsi Gyeonggy Korea Selatan. Museum ini merupakan salah satu area di komplek Gonjiam Ceramic Park yang menjadi pusat keramik, yang dibangun dengan misi utama membantu masyarakat umum untuk lebih memahami sejarah dan tradisi keramik Korea. Lokasi museum ini dulunya merupakan tempat memproduksi keramik bagi keluarga kerajaan selama 500 tahun pada zaman Dinasti Joseon. Museum ini mulai dibuka untuk umum pada tahun 2013. 
Museum ini terdiri dari: dua ruangan pameran besar, satu ruangan pameran khusus, sebuah ruangan serba guna dan ruangan-ruangan kecil lainnya. Berbagai keramik dipamerkan di museum ini, mulai dari keramik zaman kuno sampai zaman modern. Berbagai keramik tradisional dari zaman Dinasti Joseon seperti keramik porselen putih, keramik porselen biru putih, keramik putih dengan lukisan dan lain-lain. 
Di museum ini terdapat diorama proses pembuatan keramik, dari tahap awal pembuatan sampai akhir.  Selain pameran keramik, museum ini juga menawarkan kepada pengunjung untuk dapat belajar langsung atau praktek membuat keramik. Saat berkunjung ke sana, saya bertemu dengan rombongan para pelajar sekolah dasar.
Pemandangan di luar museum yang merupakan komplek Gonjiam Ceramic Park sangat indah, membuat saya betah berlama-lama di sana hanya sekedar untuk duduk-duduk sambil menikmati suasana yang indah tersebut. Di komplek Gonjiam tersebut terdapat berbagai fasilitas lainnya seperti beberapa panggung hiburan, cafe, tempat bermain anak-anak, taman patung, dan tempat berbelanja keramik bagi pengunjung. 
  
Bangunan Museum Keramik tampak dari depan

Bangunan Museum Keramik tampak dari depan secara lebih dekat

Tangga pertama menuju bangunan museum

Tangga kedua menuju bangunan museum


Landscape di halaman bangunan museum

Pemandangan di depan museum

Diorama proses pembuatan keramik tradisional Korea zaman kuno

Beberapa keramik tradisional yang dipamerkan

Perkembangan pembuatan keramik porselen putih

Taman Patung di halaman museum

Taman Patung di halaman museum

Pemandangan lain di sekitar halaman museum

Pemandangan di sekitar halaman museum

Cafe yang menyediakan makanan ringan dan minuman

Menikmati minuman di halaman depan cafe

Tempat berbelanja keramik

Comments