Pilih Lebay Atau Abai

Cerita Seputar Covid-19

"Yah, Ibu mau belanja sayur dulu ya. Sudah pada habis di kulkas, liburan corona di rumah, anak-anak pada makan mulu."

"Ibu kalau mau keluar pakai masker ya, kalau perlu pakai sarung tangan, bahaya."

"Ya elah Ayah, cuma deket doang ke Mas Slamet tukang sayur di tempat biasa itu."

"Iya Ayah tahu, tapi sekarang kondisinya lagi wabah virus corona, bahaya, kita bisa tertular orang yang sakit karena virus itu."

"Lah kalau orang lagi sakit mah, ya ga akan belanja kali Yah, pasti akan di rumah aja. Lebay banget ah pakai masker segala apalagi pakai sarung tangan, bisa-bisa ibu diketawain orang-orang yang belanja".

"Ibuuu, orang yang positif corona itu bisa saja belum bergejala, jadi dia masih merasa sehat dan beraktifitas ke luar rumah, padahal di badannya sudah ada virus dan kita bisa tertular virusnya."

"Tapi Ibu ga nyaman pake masker, napas Ibu sesak."

"Kalau Ibu kena virus corona, Ibu bisa nularin Ayah dan anak-anak. Ibu ga sayang ya sama kami?"

"Ya.... kok ngomongnya gitu, ya sayanglah. Lah ini mau belanja buat masakin orang kesayangan kan."

"Tadi di tivi Ayah nonton wawancara orang yang ayahnya positif Covid-19. Sejak ayahnya diisolasi di RS anaknya ga boleh besuk. Jangankan melihat, deket ke ruang isolasi yang pintunya berlapis tiga saja ga diizinkan, karena beresiko tertular. Dan sampai ayahnya meninggal pun, dia dan keluarganya tidak diizinkan mengantar ayahnya dimakamkan. Apa ga menyedihkan seperti itu?"

"Astaghfirullah, emang segawat itukah kena corona Yah sampai melepas kepergian jenazah pun ga dibolehin?"

"Ya begitu itu bahayanya corona. Sudah ratusan negara yang terjangkit penyakit ini, bahkan negara-negara maju di Eropa dan AS sana yang taraf hidupnya sudah lebih baik dari kita. Di dunia, sudah belasan ribu orang yang meninggal karena corona bahkan diantaranya adalah para dokter yang membantu mengobati pasien. Mereka juga tak luput dari bahaya corona."

"Ya Allah, kasian banget ya para dokter itu, mau nolongin orang, diri sendiri ga tertolong."

"Makanya kita harus jaga diri agar para dokter dan perawat ga tambah sibuk akibat kelalaian dan sikap abai kita akan pandemi virus ini."

"Ya udah, Ibu pakai maskernya."

"Nah begitu harusnya. Nanti kalau banyak yang belanja, jaga jarak. Uangnya kasih pas aja ke Mas Slametnya. Cepat pulang kalau dah selesai, jangan ngobrol dulu ya. Jangan lupa sampai rumah cuci tangannya yang bersih ya."

"Baik Ayah."

"Trus kalau ketemu ibu-ibu yang lain ga usah pake salam-salaman, ga usah cipika-cipiki, itu juga bahaya, bisa menularkan virus."

"Si Ayah, emangnya ke pengajian salam-salaman. Udah ya, Ibu pergi dulu, keburu siang nich."

"Iya, hati-hati Bu, diinget loh pesan ayah."

"Iyaaaaa Ayah."

Diposting di Fb saya, Riza Mufidah
tanggal 27 Maret 2020 



Comments